R-Sweave Reviews

R-Sweave secara pengertian merupakan suatu plug-ins atau add ons yang memudahkan kita dalam menjalankan program R di LaTeX. Beberapa tulisan tentang Sweave telah saya bahas di blog ini seperti R-Sweave Plugins, Dukungan R-Studio terhadap Sweave, Dukungan R-Studio terhadap Knitr, R-Sweave, Combining Statistical Programming with LaTeX . Semuanya membahas secara mendasar tentang bagaimana cara melakukan instalasi, penggunaan, shortcut keyboard, maupun dengan penerapan contoh. 


R-Sweave  melalui situsnya mendukung pada file dengan ekstensi R, Sweave, dan Knitr yaitu sebagai berikut : 
  • Dukungan terhadap R  yang didasarkan pada plugins sebelumnya dengan nama RWinEdt. Dukungan ini tersedia dalam sesi standar WinEdt dalam pemrosesan yang terbatas.
  • Dukungan pada menu, tombol sweave.edt  untuk sweave merupakan program yang dapat melakukan transformasi file LaTeX dengan ekstensi .rnw dengan chunk R kedalam file LaTeX dengan chunk R diganti dengan keluaran R -nya. 
  • Sejak versi v2.0, mendukung knitr
  • Sejak versi v2.1, mendukung pencarian sebaliknya ke file .rnw.
Untuk makro dapat secara langsung menjalankannya, ruang lingkup dalam perpustakaan R yang terpasang dalam sistem R -mu yaitu :
  • cacheSweave
  • knitr
  • markdown
  • tools
  • stringr
Untuk proses pencarian yang kamu perlukan dalam suatu pembuka PDF , kamu perlu melakukan instalasi dengan perintah berikut :

install.packages("patchDVI", repos="http://R-Forge.R-project.org")
 
Unutk sweave, kita merekomendasikan memindahkan file sweave.sty from C:\Program Files\R\R-x.xx.x\share\texmf ke directory file di sistem LaTeX mu. Pilihan yang lainnya dalah juga dengan menambahkan pada bagian preamble di dokumen LaTeX mu .

Kendala dalam menjalankan R-Sweave 

Kendala dalam menjalankan R-Sweave adalah ketika kita menjalankan file dengan ekstensi .rnw maka salah satu eror atau kesalahan yang muncul pada ediotor LaTeX, WinEdt yaitu seperti screenshoot dibawah ini :

Pesan kesalahan ketika kita tidak menyertakan paket sweave

Pada hasil screenshoot diatas, kesalahan disebabkan tidak tersedia paket file sweave.sty. Selanjutnya akan kita tambahkan file tersebut kedalam folder yang sama dengan file .rnw yang kita buat seperti ini :
tambahkan paket Sweave

Maka pemrosesan file akan berhasil dan ditampilkan dalam bentuk pdf seperti ini : 

Hasil dokumen .pdf

Pemrosesan file .rnw menjadi .pdf yaitu sebagai berikut : 
  1. File .rnw diproses oleh plugins R-sweave kemudian pemrosesan tersebut akan menghasilkan file.tex 
  2. File .tex sendiri akan diproses oleh sistem di LaTeX dengan adanya file paket sweave akan memproses menjadi file .pdf .

Alternatif Lain 

Selain itu, kita juga dapat menempatkan file paket LaTeX yaitu sweave.sty melalui sistem LaTeX yaitu tambahkan  seperti screenshoot ini :

directory file Sweave.sty
Dengan adanya alternatif ini, kita tidak perlu lagi menambahkan file paket pada folder dokumen kita yang memuat file .rnw





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMART DIAGRAM di LaTeX

Membuat Soal Ujian Menggunakan LaTeX #Part 2

Instalasi Protext LaTeX di Windows 7 , 64-bit