Membuat Soal Ujian Menggunakan LaTeX #Part 2


Pada kesempatan ini, saya akan memberikan tutorial sederhana "Bagaimana membuat soal ujian  dengan menggunakan paket yang kita sebut dengan nama "Exam". Paket ini mengatur berbagai jenis dokumen yang dipergunakan dalam membuat soal ujian seperti pilihan ganda(multiple choices), esai, maupun  sekedar kuis. Sebelumnya saya telah membahasnya pada pembahasannya disini. Pada dasarnya, perintah dalam memulai membuat dokumennya sama seperti kelas dokumen yang lainnya yaitu sebagai berikut : 

Pada bagian diatas merupakan bagian preamble dari kelas exam. Kita akan membuat dokumen yang memuat soal ujian dengan mencantumkan cover yaitu logo pada halaman depan soal. Pada contoh preamble diatas perhatikan dengan seksama yaitu bagian dibawah ini : 

Pada bagian tersebut kita memiliki beberapa pilihan yaitu
  1. Untuk menampilkan soal tanpa disertai jawaban maka ikuti perintah diatas. 
  2. Untuk menampilkan soal, kunci jawaban, dan solusinya maka tambahkan pada bagian tersebut dengan  mengubah perintahnya menjadi seperti ini :
  3. Maka akan menampilkan soal, kunci jawaban beserta solusinya.
  4. Untuk menampilkan dokumen menjadi satu kolom hanya hilangkan saja pada bagian kelas yaitu twocolumn. 

Isi Dokumen 

Pada bagian isi dokumen, maka kita akan tambahkan perintah seperti ini  :

Pada dasarnya, ketika kita memulai membuat dokumen dengan soal, standarnya adalah seperti ini :

Sumber Referensi : 

  1. Soal -soal Um UGM Diambil di http://www.wangsiteducation.com/2013/05/soal-soal-umptn-spmb-umptn-snmptn-sbmptn.html  diakses tanggal 9 Mei 2015 jam 11:50 PM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMART DIAGRAM di LaTeX

Instalasi Protext LaTeX di Windows 7 , 64-bit