PerlTeX

Pada kesempatan ini saya akan memberikan penerapan LaTeX ke dalam bahasa pemrogram lainnya seperti Perl yang kita sebut dengan nama PerlTeX.  Perl TEX merupakan  kombinasi dari skrip Perl(perltex.pl) dengan paket LATEX yaitu perltex.sty yang bekerja bersama dalam satu tempat. Ini memberikan kemampuan pengguna dalam mendefinisikan makro LATEX ke dalam kondisi kode Perl. Salah satu yang menjadi lebih singkat dalam pengaturan kode di LATEX. Selain itu, PerlTEXmelakukan kombinasi antara TEX sebagai bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengaturan teks dengan pemrograman Perl.

Kegunaan Perl di LaTeX 

Implementasi Perl di LaTeX berguna untuk mempersingkat kode LaTeX yang digunakan untuk menghasilkan keluaran yang sederhana namun jika dibuat oleh LaTeX menjadi lebih rumit dan kompleks. Misalkan kita akan membuat suatu kata "Saya cinta Kamu " dan kita menginginkan kata tersebut dibalik urutannya menjadi "Kamu cinta Saya". Ini  menjadi hal yang tidak memungkinkan menampilkan secara otomatis keluaran nya menjadi "Kamu cinta Saya, namun di Perl ada suatu perintah yang disebut " substr " . Perintah ini digunakan salah satunya untuk membalik suatu karakter. Untuk lebih jelas, lihat penjelasan tutorial dibawah ini :


PerlTeX from Hirwanto Iwan 

Contoh Penggunaan PerlTeX

Misalkan kita akan membuat suatu kalimat dari " Saya cinta Kamu" yang dibuat urutan pembacaannya menjadi "Kamu cinta Saya". Berikut ini kode yang digunakan untuk mendefinisikan perintah tersebut : 


\perlnewcommand{\reversewords}[1]{join " ", reverse split " ", $_[0]}
Sedangkan untuk menghasilka  keluaran "Kamu cinta Saya" dapat dilakukan perintah berikut :

\perlnewcommand{\reversewords}[1]{join " ", reverse split " ", $_[0]}
\reversewords{Saya cinta Kamu}
Selanjutnya kita lakukan kompilasi dengan menggunakan perintah berikut ini :
perltex --latex=xelatex main
Ada tiga prosedur pilihan untuk dilakukan kompilasi menggunakan perltex sebagai berikut :
  1. Jika kamu menggunakan TeX maka ikutilah prosedur dibawah ini :

  2. $ perltex main
    
    Ketika kamu menggunakan perintah dengan menggunakan LaTeX maka file yang dihasilkan akan mempunyai ekstensi .dvi untuk mengubah kamu bisa lakukan dengan cara DVI to PDF, klik ikon DVI to PDF di bawah Menu bar WinEdt 8.0
  3. Untuk kamu yang menggunakan PDFLATEX gunakan perintah berikut :

  4. $ perltex --latex=pdflatex main
    
  5. Untuk kamu yang menggunakan XeLaTeX gunakan perintah berikut :

  6. $ perltex --latex=xelatex main
    
Penjelasan kompilasi :
$ perltex main atau perltex --latex=xelatex main atau perltex --latex=pdflatex main
Perintah ini disesuaikan dengan mesin yang kamu gunakan seperti TeX, PDFLATeX, dan XeLaTeX sedangkan main merupakan nama file yang kita buat dan tanda dollar($) merupakan tempat directory kita menyimpan file perltex dan tex, misalkan kita simpan di directory D: \ akan menjadi seperti ini
D:\Anaconda> perltex --latex=xelatex main
% Tekan Enter tunggu hingga proses selesai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMART DIAGRAM di LaTeX

Membuat Soal Ujian Menggunakan LaTeX #Part 2

Instalasi Protext LaTeX di Windows 7 , 64-bit