Virgin LaTeX

TeX atau tekh dalam bahasa Yunani, tetapi terkadang sering disebut tek dalam pengucapan bahasa Inggris merupakan sistem pengaturan yang didesain dan ditulis oleh Donald E.Knuth dan dirilis pada tahun 1978. Dengan sistem pengaturan ini dan dengan format yang disebut TeX.

TeX sendiri dibuat dengan bahasa pemrograman WEB dan tersedia diberbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, ataupun Mac OS. Versi stabil dirilis pada bulan Januari 2014 dan kode versi 3.14159265. TeX sendiri dibuat bersama font yang digunakan dengan METAFONT dan Computer Modern sebagai standar font yang digunakan di TeX.

Bagaimana menggunakan TeX

Utamanya dalam menggunakan \TeX\ seperti kebanyakan program dalam memulainya dan untuk memastikan program tersebut berjalan adalah dengan mengetikkan kalimat sederhana yaitu "Hello World" seperti ini :


Hello, World
\bye
 
Akan didapat hasil seperti ini :

 Apa yang terjadi :

  1. Untuk membuat dokumen virgin LaTeX kamu bisa menggunakan editor  TeX dengan menyimpan dokumen dalam bentuk tex.
  2. Untuk melakukan kompilasi dokumen yang telah dibuat dengan menggunakan WinEdt 8.0 dengan klik ikon TeX pada bagian bawah menu, tungguh hingga proses selesai maka dokumen yang kita buat akan tampil dalam bentuk .dvi(Device Independent Format). Format dvi sendiri merupakan format standar dalam TeX  sedangkan untuk menampilkan dokumen dalam bentuk .pdf, klik ikon dvipdf maka akan muncul tampilan dalam bentuk .pdf.
  3. TeX bisa dikatakan sebagai mesin sedangkan LaTeXmerupakan sekumpulan makro yang mempermudahkan kita dalam menggunakan TeX.

Menuliskan notasi matematika sederhana

Menuliskan notasi matematika didalam \TeX\ memiliki kesederhaan dengan contoh seperti ini :

The quadratic formula is $-b \pm \sqrt{b^2 - 4ac} \over 2a$
\bye
 
Untuk menempatkan persamaan/notasi matematika berada ditengah yaitu sebagai berikut :
The quadratic formula is $$-b \pm \sqrt{b^2 - 4ac} \over 2a$$
\bye
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMART DIAGRAM di LaTeX

Membuat Soal Ujian Menggunakan LaTeX #Part 2

Instalasi Protext LaTeX di Windows 7 , 64-bit