Geogebra

Kita akan menggunakan GeoGebra untuk menghasilkan kode TikZ yang akan digunakan dalam dokumen LATEX kita. GeoGebra merupakan untuk perangkat yang luar biasa dalam membuat dan menampilkan diagram secara matematika. Kamu bisa mendapatkan salinan file GeoGebra dari websitenya yaitu GeoGebra. Geogebra merupakan perangkat lunak yang dikhususkan pada pengembangan grafik persamaan linear atau kuadrat yang sangat sederhana dapat digunakan. Selain itu, salah satu yang cukup menarik buat saya adalah Geogebra bisa men-ekspor grafik yang ada buat menjadi file .tex dan menarik bukan ? Kita bisa mengekplorasikan lebih jauh bagaimana melakukannya. Geogebra sendiri tersedia secara gratis dan bisa kamu unduh di internet. Berikut bagaiman cara mengekspor ke file dokumen .tex. Ayo kita mulai membuatnya.
  1.  Buka program Geogebra kemudian buat grafik misalkan lingkaran yang akan anda buat,kemudian kita memilih "Lingkaran dengan Pusat melalui Titik".
  2. Buatlah lingkaran sederhana. Anda juga bisa membuat sesuai dengan keinginan sehingga bagian ini bukan patokan hanya memberikan perintah sederhana yang mudah dimengerti.
  3. Kemudian klik Kanan Mouse Anda atau yang sejenisnya selanjutnya pilih Kisi -Kisi jika kamu menginginkan menampilkan Kisi -Kisi dalam grafik Lingkaranmu. Anda juga bisa melewati langkah ini jika tidak diperlukan, 
  4. Setelah itu kita akan mempercantik gambar kita menggunakan pengaturan yang ada di Geogebra cara klik Kanan Mouse Anda lalu pilih Tampilan Grafik sehingga akan muncul tampilan dialog dan aturlah sesuai warna grafik dan latar sesuai dengan keinginan Anda. Langkah ini juga bisa Anda lewatkan jika tidak ingin mengubah warna. Lihat
  5. Setelah itu kita akan meng -ekspor gambar tersebut kedalam bentuk dokumen berekstensi .tex dengan Klik Menu Berkas > Ekspor> pilih Tampilan Grafik sebagai pgf/Tikz, sebelumnya kita akan mengatur tampilan grafik yaitu termasuk ukuran skala grafik yang ditampilkan di dokumen kita, lalu pada kotak dialog yang sama, pilihlah format LATEX (article class)kemudian klik Hasil Tampilan kode PGF/TikZ.
  6. Pada kotak perintah yang kita klik Hasil kode PGF/TikZ, maka akan akan didapat kode LATEX.
  7. Klik "Simpan Sebagai" kemudian ketik nama file yang Anda simpan lalu bukalah dengan salah satu program pembuka dokumen LATEX dan terakhir klik Compile. 
GeoGebra memberikan kita kemudahan dalam membuat grafik dan juga men -ekspor gambar kita dalam bentuk PGF/TikZ yang sangat berguna bagi kita dalam membuat grafik di LATEX yang sama sekali tidak mengerti tentang Apa itu PGF/TikZ. Fitur ini sangat membantu kita dalam membuat grafik yang diminta dan tentunya tanpa pernah tahu pengetahuan tentang TikZ. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat dilihat di website resminya di GeoGebra LATEX. Selain itu, Anda juga dapat membuat presentasi dengan beamer LATEX dan juga memakai dokumen .tex dari GeoGebra.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMART DIAGRAM di LaTeX

Membuat Soal Ujian Menggunakan LaTeX #Part 2

Instalasi Protext LaTeX di Windows 7 , 64-bit