ConTeXt

ConTeXt merupakan suatu pengembangan dari TeX yang memungkinkan dapat mencakup segala yang ada dalam dokumen LATEX yaitu dengan menyisipkan grafik maupun gambar dengan cara yang lebih baik, dan syntax dalam LATEX yang lebih umum dan memperbaiki kekurangan yang ada dalam TeX. ConTeXt dapat membuat dokumen dari yang sederhana hingga dokumen yang kompleks seperit publikasi dalam dokumen digital. Salah satu perbedaannya adalah ConTeXt menggunakan mesin yang berbeda dengan TEXsehingga dapat dikatakan bahwa Anda tidak dapat menggunakan paket LATEX di ConTeXt harus Anda instal secara terpisah agar dapat menjalankan dokumen context. Berikut ini beberapa perbedaan yang dapat dirangkum yaitu sebagai berikut :
Dibawah ini merupakan contoh ConTeXt


 :
  • ConteXt diciptakan Hans Hagen dengan melakukan pengembangan terhadap mesin TeX dan tentu didasarkan pada TeX dan memiliki instalasi terpisah dengan TeX. Sedangkan TeX sendiri dibuat oleh Donald Knuth kemudian dikembangkan oleh Leslie Lamport dalam menciptakan interface atau tampilan yang mudah digunakan oleh pengguna dalam membuat suatu dokumen dalam bentuk .tex dan kemudian yang kita pakai saat ini adalah LATEX dan diketahui bahwa "La" berasal dari nama pembuat interface TeX yaitu Lamport.Sedangkan yang biasa kebanyakan memakai LATEX merupakan versi sebenarnya yaitu LATEX 2 varepsilon.
  • ConteXt sendiri menggunakan syntax yang cukup berbeda dengan LATEX dapat Anda lihat sebagai berikut :
  • Dokumen ini ditulis dengan menggunakan LATEX
\documentclass{article}
\begin{document}
%bagian ini digunakan untuk mengetik teks yang anda buat
\end{document}
  • Dokumen ini ditulis dengan menggunakan ConTeXt
\starttext
Hello World
\stoptext
  • Dokumen context menggunakan ekstensi yang sama dengan LATEX yaitu .tex Dukungan context memiliki modules hampir sama dengan paket LATEX yang dapat mendukung hasil dan kualitas dokumen Anda dan tentunya memudahkan Anda dalam bekerja menggunakan LATEX.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMART DIAGRAM di LaTeX

Membuat Soal Ujian Menggunakan LaTeX #Part 2

Instalasi Protext LaTeX di Windows 7 , 64-bit