A Little Survey MetaPost as One of The Grapichal Drawing Tools to LATEX

            MetaPost merupakan salah satu turunan dari MetaFont yang diciptakan oleh Donald Knuth dalam membantu memudahkan kita dalam menggambar grafik di L A TEX secara langsung. Dikembangkan oleh John Hubby dan beberapa tim yang lain dalam pengembangannya sehingga diharapkan dapat membantu Anda dalam menyisipkan grafiknya. Sedangkan hal yang hampir serupa yang terdapat dalam ConTeXt yaitu MetaFun merupakan perangkat yang terdapat di ConTeXt dan fungsi hampir sama dengan MetaPost mempermudah kita dalam menggambar grafi secara matematika dan berbeda dengan anda menggambar grafik atau yang lainnya di perangkat lunak grafik Anda.

Memulai MetaPost 

Untuk dapat memulai MetePost di LATEX adalah sebagai berikut :
  • Buatlah sebuah file dokumen dalam bentuk .mp dapat dilihat seperti con-
    toh dibawah ini :
beginfig (2);
draw (1cm,1cm) -- (7cm,1cm) withcolor red ;
endfig;
end.
  • Kemudian untuk memproses file MetaPost maka simpanlah file Anda dengan yourfile.mp kemudian lakukan proses compile kemudia pada folder penyimpanan, ada file yang bernama yourfile.1 dan ini merupakan file yang akan kita sisipkan ke dokumen(.1 merupakan nomor file yang kita buat pada saat menulis perintah MetaPost diatas), gunakan perintah seperti ini : 

\includegraphics{example.2}
MetaPost dapat secara langsung kita dapat menyisipkan dalam dokumen LATEX kita. Secara langsung, MetaPost memberikan suatu perintah untuk menggambar suatu grafik misalkan contoh dibawah ini :
beginfig (1);
draw (0,0) -- (5cm,3cm) ;
endfig;

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMART DIAGRAM di LaTeX

Membuat Soal Ujian Menggunakan LaTeX #Part 2

Instalasi Protext LaTeX di Windows 7 , 64-bit