PGF/TikZ

           PGF/TikZ adalah bahasa pemrograman untuk menghasilkan grafik yang berorientasi pada vekor dari deskripsi secara aljabar maupun geometri. PGF merupakan bahasa yang mempunyai tingkat lebih rendah, sementara TiZ merupakan kesatuan macro dengan level lebih tinggi menggunakan PGF. Level teratas PGF dan TikZ adalah sebagai macro TEX, tetapi dalam kontrasnya menjelaskan ke dalam bahasa yang mirip MetaPost. 
          Till Tantau merupakan pembuat bahasa ini, dan dia juga pengembang utama yang hanya terkenal dalam interpreter untuk PGF dan TikZ yang tertulis kedalam TEX. PGF merupakan singkatan dari Portable Graphics Format. TikZ sendiri mulai diperkenalkan didalam PGF versi 1.10 dan merupakan singkatan dari "TikZ ist kein Zeichenprogram1". 
PGF/TikZ interpreter bisa digunakan dari paket macro terkenal LATEX dan ConTeXt, dan juga secara langsung dari LATEX biasa. Ketika TEX tidak terkonsentrasi terhadap grafik, dukungan interpreter dengan beragam dukungan keluaran yaitu dvips, dvipdfm/dvipdfmx/xdvipdfmx, TeX4ht, dan keluaran driver pdftex internal. 
             Tidak seperti PStricks, PGF bisa secara langsung menghasilkan keluaran PDF atau PostScrip, tetapi tidak bisa menggunakan beberapa fitur program PostScript lebih lanjut sehingga PStricks bisa digunakan berdasar pada efek panggilan persekutuan terkecil. PGF/TikZ hadir dengan dokumentasi atau petunjuk manual. 
        Versi 2.10 mempunyai petunjuk manual sebanyak 726 halaman. Standar gambar bisa digunakan sebagai sektor akhir untuk PGF menggunakan paket pgfpict2e. Beberapa editor grafik bisa menghasilkan keluaran dalam bentuk PGF/TikZ seperti program KDE Cirkuit,dan program matematika GeoGebra. Ekspor ke TikZ juga tersedia sebagai ektensi untuk Inkscape, Blender, Matlab, matplotlib, Gnuplot, dan R.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMART DIAGRAM di LaTeX

Membuat Soal Ujian Menggunakan LaTeX #Part 2

Instalasi Protext LaTeX di Windows 7 , 64-bit