A Little Survey About Putting Matlab Graphical in TEX or L A TEX with Matlab2TikZ

Survei kali ini akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana kita menyisipkan grafik di perangkat lunak Matlab ke TEX atau LATEX. Pada dasarnya semua grafik ini memiliki metacode yang disebut sebagai hal yang membangun suatu grafik tersebut sehingga disini akan diberikan penjelasan singkat tentang penyisipan grafik kedalam LATEX.

Intalasi LATEX

Sebelum Anda memulai menyisipkan grafik kedalam L A TEX lebih baik mencermati penjelasan singkat tentang instalasi /LaTeX./ Bagian ini merupakan bagian yang terpenting karena menyangkut pada penyisipan grafik tersebut dan dukungan apa yang ada pada L A TEX agar dapat tercompile menjadi dokumen dalam bentuk .pdf. Dibawah ini syarat yang perlu Anda lakukan yaitu sebagai berikut :
  1.  Install MikTeX 2.9 Anda dalam bentuk complete artinya paket Anda terinstall secara keseluruhan dan saya merekomendasikan Anda menggunakan protext dapat diunduh di Protext, dapat Anda cari via internet. Perlu diketahui bahwa besar file protext sekita 2 Giga Byte.
  2. Setelah Anda install MikTeX 2.9 Complete, mari ke langkah selanjutnya yaitu penginstalan text editor, WinEdt 8.0, dan pembuka .pdf, PDFXViewer. Saya merekomendasikan PDFXViewer dikarenakan ketika Anda melakukan compile maka file Anda berbentuk .pdf dan Anda tidak perlu menutup file .pdf Anda ketika akan melakukan -compile ulang.
  3.  Selanjutnya, Buka program matlab Anda. Pada saat ini, saya memakai matlab 7.10.0(R2010a) kemudian buat dokumen baru berjenis .m kemudian simpan pada directory Matlab dengan lebih detail c:/Libraries/Documents/MATLAB lalu compile file matlab Anda di Matlab.
  4. Setelah itu, pada bagian, untuk dapat menyisipkan grafik ke dalam LATEX secara langsung Anda perlu syarat-syarat berikut :
  • Unduh matlabtotikz di matlab2tikz kemudian ektraks ke dalam folderbaru kemudian pindahkan file yang bernama matlab2tikz, matlabInputParser,dan updater kedalam directori matlab yaitu c:/Libraries/Documents/MATLAB.
  • Buka matlab2tikz kemudian compile lalu akan muncul kotak dialog untuk menyimpan file .tex, selanjutnya simpan kedalam directory matlab.
  •  Kemudian buat dokumen baru di WinEdt 8.0 yaitu sebagai berikut :
\documentclass{article}
% ini merupakan bagian dalam memulai dokumen
\usepackage[utf8]{inputenc}
\usepackage{tikz}
% ini merupakan bagian paket yang akan digunakan
% untuk menjalankan grafik yang ada buat
\usepackage{lipsum}
\usepackage{pgfplots}
% ini juga merupakan syarat paket pgfplot
% agar dalam menjalankan dokumen
\begin{document}
\lipsum[1-2]
% lipsum merupakan dummy teks jadi
% tidak perlu kaget bila muncul banyak teks
\input{d.tex}
% input digunakan untuk menyisipkan
% file grafik ke dalam latex.
Gambar diatas merupakan hasil dari matlab
\lipsum[1-2]
\end{document}

Interpretasi Grafik Matlab

Interpretasi Grafik Matlab yang akan kita buat seperti contoh diatas sehingga dapat kita lihat hasilnya yaitu sebagai berikut :

Kesimpulan

Matlab2TikZ merupakan suatu perangkat yang membantu kita untuk menyisipkan secara langsung grafik ke dalam L A TEX walaupun masih banyak kekuranganya tetapi tetap dapat membantu kita dalam penggunaanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMART DIAGRAM di LaTeX

Membuat Soal Ujian Menggunakan LaTeX #Part 2

Instalasi Protext LaTeX di Windows 7 , 64-bit