LaTeX


LATEX mampu menulis pengaturan teks dan menghasilkan dokumen kualitas tingkat tinggi. LATEX ditulis oleh Leslie Lamport mengubah TEX sebagai mesinnya dan sekarang LATEX dirawat oleh Frank Mittelbach. LATEX diambil dari "Lay-tech" atau "Lah-tech". Jika kamu lebih suka LATEX dalam ASCII, kamu bisa mengetiknya LaTeX. LATEX 2e dengan pengucapan yaitu "Lay- tech two e". LATEX merupakan typesetting yang biasa digunakan kalangan akademisi dalam membuat laporan tugas akhir, penelitian, atau karya ilmiah yang sangat berhubungan dengan simbol atau notasi matematika. Karena itu merupakan kelebihan dari LATEX dalam memberikan hasil tulisan yang bagus. 
Didalam buku ini berisi tentang penggunaan dan langkah -langkah menggunakan LATEX sehingga diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi Anda untuk dapat mempelajari LATEX. Buku ini Anda untuk dapat mempelajari LATEX. Buku ini juga memberikan pengetahuan mendasar dalam menggunakan LATEX. LATEX bukanlah suatu perangkat lunak yang dikenal secara luas bagi kalangan pengguna, hal inilah yang menginspirasikan penulis untuk membuat tulisan ini sehingga memberikan referensi dalam mempelajarinya. Disamping itu juga, Penulis memberikan tambahan atau perkembangan dari LATEX yaitu XymTEX. XymTEX adalah merupakan turunan dari LATEX yang turunan dari LATEX yang berguna bagi Anda dalam menggambar struktur ikatan kimia dalam program LATEX. Telah banyak perkembangannya tidak hanya itu saja, namun beberapa bidang ilmu pengetahuan seperti biologi, fisika, musik, musik, permainan, sastra dan kegemaran juga sudah mulai memakai LATEX sebagai typesetting yang dianggap mudah dalam penggunaanya.
LATEX merupakan bahasa pemrograman dokumen dan merupakan program dalam pengaturan teks hasil pengetikan(typesetting system) yang digunakan secara luas bagi kalangan akademik dalam membuat skripsi, laporan tugas, karya ilmiah, tesis dan lain sebagainya. TEX atau LATEX merupakan dua kata yang berbeda yang berbeda namun memiliki hubungan antara keduanya. TEX diciptakan oleh Professor Donald Knuth sekitar tahun 1978 untuk merevisi bukunya yang berjudul "The Art of Computer Programming" karena banyak simbol atau notasi matematika yang tidak dapat dicetak dengan sempurna pada masa itu(Tirtawidjaja 2013) .

Dalam perkembangannya, TEX tersedia dan digunakan dalam berbagai macam sistem komputer dan sistem operasi dan dirancang secara spesifik sehingga perintah-perintah pengolah kata akan menjadi portabel dan dapat menghasilkan keluaran yang sama di segala macam sistem operasi yang memrosesnya, penggalan kata yang sama, penggantian baris dan halaman yang sama dan lain sebagainya.

Kemudian pada tahun 1980, LATEX diciptakan sebagai user interface dari TEX yang berguna untuk mengotomisasi semua perintah umum dalam menyiapkan sebuah dokumen. Dengan menggunakan LATEX antara typesetter dan penulis dapat dengan mudah menggunakan kemampuan pengaturan tulisan yang dimiliki TEX tanpa harus memahami bahasa pemrograman yang ada didalamnya.  LATEX didistribusikan secara gratis dibawah lisensi LaTeX Project Public License(LPPL) dan rilis lisensi LaTeX Project Public License(LPPL) dan rilis terakhir dengan versi LATEX 2e .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMART DIAGRAM di LaTeX

Membuat Soal Ujian Menggunakan LaTeX #Part 2

Instalasi Protext LaTeX di Windows 7 , 64-bit